Bupati Kepulauan Anambas Membuka Acara Pembinaan Dan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Tahun 2023

0
304

Mandalapos.co.id, Anambas — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggelar acara Pembinaan dan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Tahun 2023 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Professor M. Zein Lantai 3 Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Kamis, 11 Mei 2023.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Heryana, menyampaikan bahwa peserta Pembinaan dan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Tahun 2023 terdiri dari para Camat,  Lurah dan  Kepala Desa beserta  staf se-Kabupaten Kepulauan Anambas.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, sebut Heryana, yaitu memberikan wawasan kepada peserta tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran dalam layanan administrasi kependudukan sesuai dengan peraturan dan perundangan – undangan yang berlaku saat ini, dan penting nya untuk masyarakat mengurus administrasi kependudukan di masa sekarang ini.

“Diharapkan peserta yang hadir sosialisasi untuk meneruskan kepada masyarakat nya hasil dari sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil,” ujar Heryana.

Kegiatan tersebut menghadirkan 4 narasumber, yakni Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Dr.Ir.David Yama, Sekretaris Koordinator Wilayah Sumatera, Ahmad Ridwan, Penanggung jawab Wilayah Kepri, Suwandi, dan Kepala Bidang Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri, Abas Zein.

Sementara itu, Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah Ditjen Dukcapil Kemendagri, Dr.Ir.David Yama, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang memberikan inovasi terbaik dalam pelayanan kependudukan kepada masyarakat sehingga  sukses meraih penghargaan Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan Inovasi “Pulau Pahat Anambas” atau dikenal dengan Penjemputan Langsung Pelayanan Administrasi Kependudukan yang Cepat dan Tepat di Anambas.

“Kabupaten Kepulauan Anambas mampu bersaing dengan dibuktikannya masuk pada top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2022 oleh KemenPAN RB yang berhasil sisihkan 3.478 Peserta KIPP, itu adalah suatu prestasi yang sangat luar biasa atas kerja keras selama ini,” ucapnya.

Lebih lanjut David membahas mengenai seberapa pentingnya dokumen kependudukan dimana Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Di kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada seluruh yang hadir, atas kerja keras dan kerja ikhlas yang selama ini dilakukan demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya mengajak saudara sekalian untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kepulauan Anambas melalui pemberian pelayanan prima kepada masyarakat sebagai wujud komitmen kita bersama, khususnya dalam pelayanan administrasi kependudukan di Tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan,” ajaknya.

Haris juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Anambas, atas penyelenggaraan acara pembinaan dan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dimana kegiatan ini merupakan langkah positif yang nyata dalam rangka mensinergikan berbagai informasi perkembangan pembangunan, khususnya terkait pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Tertib penyelenggaraan administrasi kependudukan memiliki maksud untuk menjamin perlindungan serta rasa nyaman bagi penduduk,” ujarnya.

Haris pun mengajak seluruh jajaran Disdukcapil dan kepada seluruh stakeholder terkait, untuk turut mensukseskan penyelenggaraan tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Kepulauan Anambas.***

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini