Gangguan Kabel Laut, Internet Telkom Group Down

0
1492

mandalapos.co.id, Natuna- Layanan internet dari Telkomsel dilaporkan down pada Minggu (19/9/2021) petang. Laporan gangguan memuncak pada 18.00 WIB dan mulai menurun per 20.00 WIB.

Baik IndiHome dan Telkomsel pun masuk ke dalam trending topic Twitter dengan jumlah mention kicauan masing-masing 19,5 ribu dan 8,3 ribu tweet per 20.10 WIB. Adapaun tanggapan Telkom terkait gangguan internet ini.

Berikut pernyataan resmi dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, melansir Wartakepri:

Sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dapat kami sampaikan bahwa:

  1. Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.
  2. Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala.

Pihak Telkom meminta maaf

Menurut keterangan Telkom, perusahaan induk dari IndiHome dan Telkomsel, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak hari ini (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Dampaknya, layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband mengalami penurunan kualitas di beberapa wilayah Indonesia.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” singkat Ahmad Reza

****Red

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini