Mandalapos.co.id, Jakarta- Â Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) membuka lowongan sebagai atase pendidikan dan kebudayaan (Atdikbud) di empat negara. Yakni Kantor Perwakilan RI di Singapura, Dili, Den Haag dan New Delhi.
Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, Selasa (3/8), lowongan ini dibuka karena berakhirnya masa tugas 4 Atdikbud di tahun 2022. Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi PNS di lingkungan Kemendikbudristek yang berminat mendukung kerjasama luar negeri dibidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.
Berikut ini adalah persyaratan yang ditentukan untuk mengisi seleksi pengisian jabatan calon Atdikbud pada kantor perwakilan RI di Singapura, Dili, Den Haag dan New Delhi.
Persyaratan:
1. Persyaratan umum
a) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
b) pendidikan minimal magister dari program studi yang terakreditasi BAN-PT;
c) pangkat serendah-rendahnya Pembina, golongan ruang IV/a;
d) sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter dan atau psikolog/psikiater;
e) sedang/pernah berkedudukan sebagai pejabat minimal administrator atau pejabat fungsional minimal jenjang madya paling singkat 1 tahun;
f) memiliki pemahaman tentang nawacita, visi, misi, rencana strategis pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi;
g) diutamakan memiliki pengalaman di bidang kerjasama dan pengelolaan aset serta administrasi keuangan;
h) usia maksimal 54 tahun 0 bulan pada saat mendaftar;
i) setiap unsur Penilaian Prestasi Kerja PNS 2 tahun terakhir bernilai baik;
j) aktif berbahasa Inggris lisan dan tulis yang ditunjukkan dengan skor TOEFL minimal 550 atau IELTS 6,0 yang diterbitkan maksimal 2 tahun terakhir, kecuali bagi yang pernah mengikuti pendidikan gelar (degree) di negara berbahasa Inggris atau sesuai dengan negara yang dilamar;
k) diutamakan yang pernah menjalani pendidikan di negara tujuan;
l) mampu mengoperasikan sarana teknologi informasi khususnya office application (aplikasi perkantoran);
m) memiliki kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi yang baik.
2. Persyaratan khusus
a) memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang negara, system pemerintahan, sistem pendidikan, dan sosial budaya negara akreditasi yang menjadi pilihan pelamar;
b) memiliki pemahaman tentang visi, misi, dan program kerja Kantor Perwakilan RI di luar negeri termasuk yang menjadi tugas pokoknya di bidang kerjasama pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi;
c) diutamakan memiliki kemampuan Bahasa Belanda bagi pelamar Atdikbud Den Haag
Rencana Penjadwalan:
1. Pengumuman Resmi Seleksi: 26 Juli 2021
2. Waktu Pendaftaran: 27 Juli s.d. 16 Agustus 2021
3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Seleksi Lanjutan: 27 Agustus 2021
*) Rencana Penjadwalan dapat berubah sesuai dengan penetapan jadwal Panitia Seleksi
Tata Cara Pendaftaran
1. Pendaftaran daring mulai tanggal 27 Juli s.d. 16 Agustus 2021, dengan mekanisme sebagai berikut:
a. peserta seleksi wajib memiliki alamat surat elektronik (email) yang aktif;
b. peserta seleksi melakukan pendaftaran/registrasi awal secara daring melalui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/atdikbud dengan cara memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan alamat email;
c. pendaftaran/registrasi lanjutan dilakukan dengan cara login menggunakan username dan password yang dikirim oleh Sekretariat Panitia Seleksi Atdikbud melalui surat elektronik (email) peserta seleksi.
Tahapan registrasi lanjutan meliputi:
1) Memilih jabatan yang akan dilamar (maksimal 2 negara akreditasi yang diminati);
2) Mengisi informasi data diri pelamar meliputi:
a) Data pokok pelamar
b) Riwayat Pendidikan yang telah ditempuh
c) Riwayat jabatan/pengalaman jabatan yang pernah ditekuni
d) Informasi pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti
e) Daftar penelitian yang pernah dilakukan
f) Akun media sosial yang dimiliki
Mengunggah hasil pindai dokumen/berkas yang dipersyaratkan paling lambat tanggal 16 Agustus 2021 pukul 24.00 WIB sebagai berikut:
a) Pas foto ukuran 3×4 dengan format file .JPG atau .PNG serta besar file maksimal 500 Kb.
b) Surat lamaran yang ditandatangani di atas materai Rp. 10.000,- yang ditujukan kepada Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan.
c) Surat izin mengikuti seleksi Atdikbud dari pimpinan unit kerja yang bersangkutan minimal eselon II
d) Kartu Tanda Penduduk (KTP)
e) SK Pangkat terakhir
f) SK Jabatan terakhir
g) Penilaian Prestasi Kerja PNS dua tahun terakhir
h) sertifikat TOEFL atau IELTS untuk Bahasa Inggris yang diterbitkan maksimal 2 tahun terakhir
Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah meliputi:
a) Keterangan sehat raga dari dokter umum;
b) Keterangan sehat jiwa dari dokter jiwa/psikiater;
c) Keterangan bebas narkoba yang dilengkapi dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir. dapat dilengkapi kemudian
j) Surat pernyataan integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar yang dibuktikan dengan menandatangi surat pernyataan bermaterai Rp.10.000,- bahwa semua dokumen yang disampaikan adalah benar dan dapat dibuktikan keasliannya;
2. Panitia hanya akan memroses lamaran bagi pelamar yang mengunggah dokumen/ berkas yang dipersyaratkan secara lengkap dan benar.
Proses Seleksi
1. Daftar nama pelamar dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
2. Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti proses seleksi lanjutan yang terdiri dari Psikotes, Tes Kemampuan Bahasa Asing, Leaderless Group Discussion (LGD), dan seleksi akhir berupa Presentasi Program Kerja dan Wawancara.
3. Daftar nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, seleksi lanjutan, dan seleksi akhir akan diumumkan melalui laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Editor : Rozali